Cara Merawat Anakan Lovebird yang Baru Menetas

3 views

Cara Merawat Anakan Lovebird – Semakin hari pecinta lovebird semakin menjamur, bahkan sudah banyak yang mencoba ternak lovebird. Berternak atau membudidayakan burung lovebird pada dasarnya tidak begitu sulit, apalagi bagi yang sudah mahir. Namun bagi seorang pemula pasti akan menemukan berbagai kendala, terutama pada saat anakan lovebird menetas.

Karena hal tersebut kali ini kami akan membagikan tips cara merawat anakan lovebird yang baru menetas supaya tidak mati. Bagi yang penasaran, yuk simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Merawat Anakan Lovebird yang Baru Menetas

Cara Merawat Anakan Lovebird yang Baru Menetas

Menghasilkan burung lovebird yang berkualitas tentu tidak lepas dari proses perawatan yang baik sejak masih kecil. Apabila perawatannya asal-asalan maka hasil burungnya pun tidak akan memuaskan. Karena itu yuk simak cara merawat lovebird anakan yang baik agar kualitasnya terjamin.

Artikel Terkait :

Indukator Anakan Lovebird

Ketika anak lovebird sudah menetas sebaiknya langsung di tempatkan pada inkubator dengan suhu 38 – 39 derajat Celcius. Apabila tidak ada inkubator, kita bisa menggantinya dengan lampu pijar ukuran 5 watt dan letakan pada jarak 25 cm – 30 cm diatas anakan lovebird.

Tahap Merawat Lovebird yang Baru Menetas

Ketika lovebird baru menetas, mereka masih memiliki cadangan makanan yang biasa disebut dengan yolk atau kuning terlur, posisinya berada diperut dan terlihat dibalik kulit perut yang masih transparan.

Cadangan makanan tersebut akan menjadi suplai makanan bagi anakan lovebird selama 6 – 12 jam awak setelah menetas.

Setelah 5 jam (kurang lebihnya) berikan pakan lolohan menggunakan sepuit kecil tanpa jarum supaya mudah memasukan pakan lolohan.

Tips Pakan Lolohan

Pakan lolohan untuk anakan lovebird harus halus, jika tidak bisa membuat sendiri kita bisa membeli pakan khusus lolohan lovebird. Ada banyak jenis pakan lolohan lovebird yang berkulitas, antara lain pakan lolohan merk Bogena, Nutri Bird A21 atau BNR.

Untuk lovebird umur 0 hari hingga satu minggu sebaiknya buat adonan pakan lolohan yang encer supaya mudah dicerna.

Ketika lovebird sudah berusia 7 hari hingga 14 hari, adonan dibuat tidak encer atau sedikit kental. Sedangkan untuk lovebird usia 14 hingga 45 hari dibuat kental karena sistem pencernaannya sudah cukup kuat. Selain itu, ketika lovebird sudah berusia 14 hari pada umumnya sudah mulai membuka mata dan terbebas dari masa kritis.

Setelah lovebird berusia 45 hari, kita latih dia untuk memakan milet dengan cara menyebar milet dialas kandang. Pada umur 50 sampai dengan 60 hari umumnya lovebird anakan sudah bisa makan dan minum sendiri bahkan memecahkan milet atau canary seed.

Demikianlaah cara merawat anakan lovebird yang baru menetas supaya tidak mati menggunakan pakan lolohan sendiri. Semoga apa yang kami sampaikan di website berkicau.info ini dapat beramnfaat dan memberikan solusi untuk para pecinta lovebird.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *